EKONOMI PASAR SYARIAH (Ekonomi Islam Madzhab Hamfara Jilid-2)

Penulis: Dwi Condro Triono
WhatsApp Image 2017-10-03 at 13.42.37

Sinopsis

Sistem ekonomi kapitalisme dapat diibaratkan sebagai pedang bermata dua. Jika sistem ekonomi ini sakit, maka ia akan menimbulkan krisis ekonomi yang mampu meluluhlantakkan sendi-sendi ekonomi dunia. Namun jika ia sehat, maka ia akan tumbuh menggurita dan akan menghegemoni dunia.

Bagaimana kita akan menghadapi itu semua? Mampukah sistem ekonomi Islam memberikan solusi?

Solusi ekonomi Islam ternyata ada dua aliran, yaitu: solusi ekonomi Islam parsial dan solusi ekonomi Islam sistemik. Mana yang akan kita pilih?

Solusi ekonomi Islam parsial adalah dengan melakukan islamisasi terhadap jantung ekonomi kapitalisme. Apakah akan berhasil? Jawabnya: akan tetap gagal. Bagaimana dengan solusi yang sistemik?

Solusi ekonomi Islam sistemik adalah dengan mengganti seluruh bangunan sistem ekonomi-nya. Bagaimana caranya?

Caranya, dengan menganalogikan pada manusia. Untuk mengganti sistem ekonomi, paling tidak ada 4 komponen penting dari “manusia” yang harus diketahui, yaitu: (1) Apa jenis tubuhnya? (2) Apa jenis Aliran darahnya? (3) Apa jenis jantungnya? (4) Apa jenis pompa jantungnya?

Empat komponen penting dari sistem ekonomi kapitalisme adalah : (1) Tubuhnya adalah ekonomi pasar bebas (2) Aliran darahnya adalah uang kertas (3) Jantungnya adalah perbankan dan pasar modal (4) Pompa jantungnya adalah suku bunga.

Jika kita menghendaki solusi yang sistemik, maka kita harus dapat menjawab 4 komponen penting dari sistem ekonomi Islam, yaitu (1) Apa tubuhnya? (2) Apa aliran darahnya? (3) Apa jantungnya? (4) Apa pompa jantungnya?

Jika kita berani mengatakan bahwa ekonomi Islam adalah sebuah sistm ekonomi maka kita harus dapat menjawab keempat komponen tersebut..! Apa saja? Selamat membaca..!

Harga
Rp. 135.000
Terbit
Ukuran
0cm x 0cm
Tebal
0 Halaman
Cetakan
-
ISBN
-
Dwi Condro Triono

Dwi Condro Triono

Lahir di Rembang pada tanggal 8 Februari 1967, saat ini Dwi Condro dikarunai tiga orang anak; Muh. Harisuddin Al Amin, Faza Fauziah Adhima, serta Muh. Wafiyuddin Attaqy, hasil buah cintanya dengan Alyna Tsalisa. …

Read more...

Share Button