Grand Launching Buku “Proud Of You”

sample

Dua puluh dua november 2012 yang lalu merupakan moment bersejarah bagi Syafa’at Marcomm. Sebuah jejak yang sudah dinanti lebih dari 5 tahun. Dan keinginan yang sudah terpendam lama yang akhirnya tertunaikan. Ya…moment Launching Buku ‘Proud of You’.

Talkshow acara Grand Launching tersebut diisi oleh dua pembicara papan atas di Indonesia. Pertama Bapak Adiwarman Karim, yang biasa kami memanggilnya Bang Adi, seorang pakar Ekonomi Syariah yang sudah akrab ditemngah-tengah komunitas syariah di Indonesia. Kedua adalah Bapak Jamil Azzaini yang biasa kami panggil Mas Jamil, seorang Inspirator SuksesMulia yang namanya sedang nge-trend ditengah-tengah pengusaha dan dunia bisnis tanah air.

Uraian singkat:

Sebuah buku yang—semoga tidak subyektif—berbeda dengan buku-buku marketing communication (komunikasi pemasaran) lainnya. Apalagi buku tentang marketing communication (marcomm) ini termasuk buku yang cukup langka di negeri kita Indonesia dibanding dengan negara-negara lainnya di dunia. Sejujurnya, saya sendiri kaget saat membaca tulisan jadi dari para penulisnya. Meski sebelumnya kita sudah membuat outlinenya bersama-sama, tetapi begitu sudah jadi dalam bentuk buku ternyata surprise! Wow….luar biasa!

Buku yang memang bukan disajikan dengan penulisan ilmiah layaknya jurnal yang penuh dengan catatan kaki dan referensi ini, memiliki kekuatannya sendiri. Dengan desain yang sangat simpel tapi dibalut dengan paduan warna futuristis membuat buku ini terkesan elegan, Setidaknya dalam kacamata saya ada 3 hal kekuatan:

#Satu. Buku ini adalah buku pertama yang mengupas tentang Integrated Sharia Marketing Communication yang di dalamnya mengupas 4 hal secara terintegrasi. Yaitu:

  1. Tentang Bisnis Syariah. Dimulai dari azas bagaimana sebuah bangunan bisnis itu didirikan, bagaimana mengopersionalkannya dengan konsisten 100% syariah—dan bukan sekedar label, hingga kritik terhadap bisnis yang selama ini banyak mengadopsi konsep-konsep kapitalis-sekuler tetapi dibungkus dengan istilah syariah.
  2. Tentang Marketing Syariah. Berisi bukan teori-teori marketing yang sudah lazim dan banyak diperoleh dibuku-buku. Tapi lebih pada pengalaman riil dari penulis bersama timnya. Ruh syariahnya menjadi ‘terasa’ saat dituturkan oleh mereka tentang benturan-benturan keras yang harus dihadapinya. Dan mereka tetap ‘keukeuh’ dengan komitmen syariah.
  3. Tentang Strategic Planning Syariah. Setahu saya, buku yang menulis tentang strategic planning di dunia marketing communication masih sangat sulit dicari, meski jago-jagonya di negeri ini banyak. Frame of mind dan frame of work dalam konsep dasar strategic planning menjadi sebuah karakter yang unik.
  4. Tentang deskomvis syariah.  Menggoreskan kreatifitas ke dalam berbagai media, mungkin bisa dilakukan oleh banyak desainer. Tapi menggoreskan dengan ‘batasan’ mana yang boleh dan mana yang tidak (halal-haram), tentu membutuhkan sebuah level kontemplasi tersendiri. Dan ternyata secara tidak sadar membuat tim kreatif justru tertantang untuk menghasilkan karya yang unik, beda, kuat dan tentu saja sya’iy.

#Kedua. Buku ini merupakan tulisan faktual berdasarkan pengalaman para penulisnya sendiri, dan dibidangnya masing-masing. Bukan menggunakan teori untuk dipraktekan, tetapi sebaliknya. Menyusun sebuah formula baru dari proses pembelajaran dan praktek selama belasan tahun. ‘Emosi’ para penulis dalam menyajikan pikirannya begitu terasa.

#Ketiga. Buku ini menyajikan ruh ke-Tuhanan dalam mengimplementasikan syariah di bidang integrated marketing communication. Bukan saja bicara tentang bagaimana memperoleh untung sebesar-besarnya, tetapi juga mengajak untuk mengejar berkah dan kepedulian pada sesama melalui komunikasi pemasaran yang sehat. Bukan justru menjadi sampah komunikasi kreatif (meminjam istilah pak Sumbo).

So, sulit rasanya membayangkan semua yang saya sampaikan selain mencoba membacanya. Saya yakin akan banyak yang kemudian tercetus untuk kita diskusikan. Selamat mambaca. Semoga bermanfaat.

Salam Proud of You. [B]

Share Button