Andika Dwijatmiko

Andika Dwijatmiko

Pria sederhana dan humoris ini lahir pada tanggal 2 Agustus 1974 dari sepasang orang tua yang sangat penyayang dan sabar dari kalangan keluarga biasa saja. Menghabiskan masa-masa kecil hingga sekolah menengah di Magelang, tumbuh sebagai sosok yang selalu ingin mencari kebenaran. Andika yang hobi bermain badminton, jalan-jalan & kuliner ini sejak TK hingga SMA selalu ditunjuk menjadi ketua kelas dan ketua OSIS (Bukan karena saking hebatnya, tetapi karena yang lain pada enggak mau, Hehehe….). Ketika menjadi mahasiswa, pernah menjadi pemenang Program Mahasiswa Berprestasi di lingkungan ISI Yogyakarta pada tahun 1997. Selama masa itu pula 3 kali mendapatkan penghargaan Karya Deskomvis Terbaik tahun 1994, 1996 dan 1998, serta memenangkan beberapa kompetisi mahasiswa. Tahun 1998 berhasil menamatkan kuliah S-1 di Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta. Pada tahun yang sama pula ia menikah dengan Hesti Rahayu yang berprofesi sebagai dosen DKV di almamaternya dengan dikaruniai satu putri, Mislanada Fidaraini (Nada) yang lahir di tahun 2000.

Kerja kerasnya semasa kuliah sambil bekerja, menghantarkannya mendirikan Syafa’at Marcomm pada tahun 1997 bersama dua rekannya yaitu Bey Laspriana dan Dwi Condro Triono, dengan cita-cita ingin tumbuh menjadi perusahaan Marketing Komunikasi Syariah yang disegani di Asia Pasific pada tahun 2020. Bersama tim Syafaat Marcomm, Andika telah memenangkan berbagai penghargaan nasional, pitching beberapa proyek nasional, dan hingga saat ini pernah menangani lebih dari 50 brand.

Dengan pekerjaan utama sebagai CEO & Creative Director sekarang ini, serta aktif di beberapa organisasi profesi & organisasi masyarakat, Andika pernah menjadi pengajar tetap di STSRD “Visi” Yogyakarta tahun 1997 – 2012. Di sela kesibukannya, dia tetap meluangkan waktu untuk mengisi beberapa forum Creativepreneur & Lecturepreneur di berbagai kampus, workshop, seminar, dan menjadi juri lomba kreatif periklanan, desain grafis, dan lain-lain.

Salah satu dedikasi terbesar dalam hidupnya adalah komitmen untuk terus menjadi Sharia Creativepreneur, yaitu seseorang yang mampu memberi kontribusi bagi siapapun yang ingin menjadi enterpreneur bidang creative (graphic design, periklanan, animasi, multimedia, dan lain-lain) berbasis syariah, serta membantu marketing communication bagi brand-brand yang ingin berkembang dengan prinsip-prinsip marcomm syariah.

Kegiatannya berorganisasi masih berlanjut hingga saat ini dengan aktif menjadi Sekjen ADGI Jogja Chapter (2008-2010), pengurus ADGI Pusat sebagai Education Director (2010-2012), dan sebagai Compartment Creative Agency PPPI DIY (2008-2012), Kabid Pendidikan dan Litbang dalam kepengurusan PPPI DIY (2012-2016). Kiprah yang lain adalah aktif sebagai koordinator dalam komunitas Pengusaha Rindu Syariah (PRS) Jogja Chapter (2009-sekarang).
Tulisan-tulisan dan pemikiran lebih lanjut tentang dirinya dapat dinikmati di:

andika.syafaat.com
fervorspirit.blogspot.com
follow @andikakerenlah

Share Button